“I wish there was a way to know
that you’re in the good old days before you’ve actually left them.”
-Andy Bernard (The Office)-
Mungkin quote di atas bisa menggambarkan
perasaan gue waktu ngambis bareng Zenius buat melawan musuhnya para siswa kelas
12. Apalagi kalau bukan saringan masuk universitas? Lulusan tahun ini berebut
bangku kuliah bersama dua tahun angkatan terakhir. Ga nyangka kelas 12 dateng juga. Terbayang
di pikiran gue lelahnya berjuang untuk mencapai kampus impian.
Ibarat memulai permainan dalam video
game, tidak ada tokoh utama yang berawal kuat atau bisa mendadak naik
level . Si tokoh utama harus ‘mendaki gunung’ melawan berbagai rintangan
hingga akhirnya memiliki amunisi yang cukup untuk menghadapi sang Boss.
Dalam perjalanannya, si tokoh utama akan bertemu orang-orang atau hal-hal yang
menemani langkah mereka sehingga mereka bisa menjadi seorang yang tangguh.
Zenius inilah salah satu bagian yang
ibaratnya menemani si tokoh utama, yaitu gue untuk menghadapi sang Boss
UTBK. Gue mau masuk ke dunia perkuliahan dan sang Boss ini adalah
penjaga pintunya. Dramatis? Iya. It is what it is. Tidak semua orang
bisa mengalahkan Boss legendaris ini.
![]() |
Siap SBMPTN ga tuh.. |
Mungkin untuk beberapa orang yang
terkesan ambis (ambisius), orang-orang di sekelilingnya akan melihat si ambis
ini sebagai pecandu belajar. Liat deh tu orang, belajaaaaaar mulu
kerjaannya. Otaknya nggak meledak apa?. Begitulah perkataan yang sering
dilontarkan. Gue sih (dulu) ngga pernah ngerasain yang namanya ketagihan
belajar. Belajar mah belajar aja rasanya, seneng gitu kalo dapet nilai bagus.
Abis itu hilang rasa senengnya. Dapet nilai bagus lagi, seneng lagi. Gitu aja
terus kehidupan sekolah gue. Baru di kelas XII nih, gue ngerasain perubahan
dalam kehidupan belajar, gue jadi pecandu belajar! Buset dah, pelajar biasa
kayak gue jadi pecandu belajar! Simak nih cerita gue menempuh masa-masa kelam
(baca: masa ngambis SBMPTN) sebagai pecandu belajar.
★★★
Gue
menilai diri sendiri sebagai anak SMA yang biasa aja, sekolah ya sekolah
aja. Sedih sih rasanya di SMA gue ga bisa ‘unjuk gigi’ dengan potensi diri.
Padahal, saat SMP gue sering ikut lomba ini-itu dengan dasar iseng-iseng
berhadiah. Alhamdulillah berhadiah beneran. Karena lomba-lomba akademis
yang gue ikutin terasa seru. kalo gue udah merasa seru, bisa keterusan bahkan
ampe lupa waktu. Di SMA gue merasa jadi anak yang males (akan gue jelasin di
bawah). Dari murid yang bisa ‘unjuk gigi’ downgrade jadi anak yang
sepu-sepu alias sekolah-pulang sekolah-pulang aja. Ya sudah lah, yang
berlalu biarlah berlalu. Sekarang gue cukup fokus ke satu harapan terakhir di
SMA: lulus SBMPTN atau SNMPTN. Gue harus berjuang melahap soal-soal sadis
SBMPTN.
![]() |
Jangan sampe lo yang baca bisa downgrade kayak gueeeee |
Gue
memilih Zenius sebagai platform penunjang belajar untuk mengejar
materi-materi SMA. Alasannya? Utamanya, dari semua bimbel, cuma Zenius yang
paling murah buat kantong gue. Kalo mau yang gratis bisa buka aja YouTube tapi
kebanyakan video disana membahas hal yang sama terus-menerus dan tidak lengkap.
Mungkin kalau tingkat SD atau SMP, YouTube masih terbilang reliable. Di SMA
yang materinya segudang pasti butuh yang lebih ekstra. Sebenernya juga, untuk
kelas 12 gue ikut bimbel offline, tapi mood gue suka aneh kadang pengen belajar tengah malem.
Gue
pun akhirnya rela menyisihkan hampir ¾ uang lebaran gue buat beli Zenius. Ga papa
keluar duit kalo bener-bener butuh mah. Jadi ga heran ekspektasi gue bisa
dibilang tinggi untuk zenius karena gue sangat, sangat ingin masuk PTN
tahun 2019 dan duit gue udah melayang berapa ratus ribu ☹.
“Materinya
Zenius lengkap dan bisa dipahami supaya lancar ngerjain soal-soal SBMPTN aja
udah syukur deh.” Begitu pikir gue sebelum membeli
Zenius Premium.
Alasan
lain gue memilih Zenius karena gue butuh bimbel yang fleksibel waktu
belajarnya. Sering tuh gue merasa ga pengen belajar dulu tapi tetep dateng les
karena takut dimarahin ortu wkwk (Jangan ditiru ya zheyenk). Niatan belajar gue
sering muncul di atas jam 10 malam. Bimbel mana sih yang mau ngajarin gue
jam 12 malem?! Jadi dipilihlah bimbel online ini. Alasan terakhir adalah
karena Zenius memang lembaga pendidikan pionir dalam menyelenggakaran pembelajaran
online. Udah lebih dari 10 tahun! Jadi gue yakin banget mereka sangat berpengalaman
dan kualitasnya pasti oke.
17 Juli 2018 menandakan awal gua
beli Zenius bersamaan dengan awal gue belajar SBMPTN. agak telat dibandingin
temen-temen lainnya yang udah mulai bahkan sejak bulan Mei 2018 emang, tapi asal
ada kemauan, disitu ada jalan, tidak ada kata terlambat. Mau ga mau SBMPTN
pasti akan datang (wadaw). Gue beli dah tuh Zenius online paket setahun,
langsung cussss belajar matematika wajib materi tiga dimensi malemnya karena
besok ada pelajara. Waktu mencet tombol play, langsung terdengar suara kayak
bapak-bapak (MAAF BANG SABDA WKWK) dengan gaya pembawaan video yang sik asik
seperti temen kita ngajar ke kita. Sering ngerasa kan kalo kita diajarin temen
rasanya nyambung terus? Itu karena Bahasa yang dibawakan juga nyambung sama kita.
Bang Sabda disini ngajarin matematika tanpa bahasa buku teks yang terlalu formal rasanya. Dia langsung to the point mulai dari konsep segitiga phytagoras. Kenapa
dimulai dari phytagoras yang menurut lo lo yang baca blog ini gampang? Gak taunya
Bang Sabda ngasih ilmu baru nih! (Well, at least untuk gue ini ilmu baru). Check this out:
![]() |
Hayo cari sisi miringnya! |
Untuk mengetahui sisi miring
segitiga siku-siku, pastinya dong kita pakai rumus a2 + b2
= c2. Untuk sisi dengan alas 2 dan tinggi 4, maka cukup dibuat 22
+ 42 = c2. Didapatkan Panjang c adalah 2 √5.
Ettt tapi gimana kalo angkanya gede? Repot kan? Disini nih Bang Sabda ngasih
trik jadiii…
![]() |
eng ing eng |
JENG JENGG ADA TRIK PHYTAGORAS
DONGGGG tiap panjangnya bisa dibagi jadi yang lebih sederhana, lalu dihitung
dengan phytagoras biasa, lalu dikali dengan pembaginya. Mana gue tahu selama
ini caranya begindang ☹
Materi dimensi tiga yang kesannya bosen dan penuh hitungan sana-sini pun
berubah jadi kekepoan gue dengan zenius karena Bang Sabda yang terus nerangin
konsep yang selalu memberi “OOHHH” moment. Pernah ngalamin kan ya kalian? Rasanya
seperti ketumpahan air, something that completes the puzzle.
Besoknya, kelas gue membahas materi
dimensi tiga yang tumben-tumbennya gue dengerin dengan sangat antusias. Pulang
sekolah juga mikirnya “Ah ga sabar pengen ngubek-ngubek video-video di Zenius lageee.”
Sambil senyam-senyum sendiri. Sampe rumah, gue lanjut belajar biologi. Ah
biologi.. hello biology my old friend.. kita dulu pernah bersama tapi
sekarang gue benci sama lo. Tapi gue tetep nonton videonya di Zenius materi pertumbuhan
dan perkembangan. Yang gue sadar saat nonton video materi itu, gue perhatiin
full satu video 9 menit tanpa pause.
Cara
ngajarnya beda banget sama cara konvensional di sekolah yang monoton; baca buku,
guru nerangin ala buku teks, dan ulangan (mendadak pula). Biasanya kann… BANYAK
TULISAN, BANYAK ISTILAH. BRUH. Buka buku auto-ngantuk bawaannya macam denger dongeng. Oh
ya, di awal cerita gue nyinggung masalah gue jadi pemalas di SMA kelas 11
apalagi sama mapel satu ini. Jadi gini, kelas gue kebagian mapel biologi setiap Senin dan Rabu. Kebetulan di hari Senin kebagian
jam terakhir. Harusnya jadi pelajaran paling santai kan? Karena udah siang
dan hawanya ngantuk aja. Ternyata nggak!
Oh
senin, cepat-cepatlah berakhir.
★★★
Kilas
balik cerita kelas 11 gue (Belum ketemu Zenius nih)….
Senin
pagi sebelum bel tanda upacara, gue berjalan ke kelas gue dengan gugup karena
gue tau, temen gue tau apa yang akan terjadi pagi ini, a typical morning at XI
IPA 5. Selalu aja kalo buka pintu suasana tegang belajar biologi. Di tengah
kelas, ramai-ramai terlihat berbagai diskusi menganai bab yang akan dibahas siang
nanti karena kita akan dipanggil maju kedepan dan dihadapkan berbagai
pertanyaan mencekam dari guru.
“Woiii
masih pagi wooi.” Ucap salah satu temen gue.
“Iya
iih jangan bikin otak gue ngebul deh.” Ujar temen gue satunya lagi.
![]() |
REEEEEEEEEEEE |
![]() |
Masih pagi bre |
Padahal,
masih ada pelajaran matematika terlebih dahulu setelah upacara. yang memberikan senam
jantung. Guru kelas 10 gue terlalu santai dalam mengajar biologi, berpadu
dengan guru kelas 11 yang tegas. Yap, Ntap. Gua harus ngesot dulu demi nilai
gue agak tinggi dari KKM.
Melihat
diri gue yang panas karena 1 (satu) pelajaran, gue pun melihat teman-teman sekeliling gue; mereka
semua terlihat tertekan saat guru biologi mulai menyebut nama secara acak sambil
mengabsen kehadiran dengan menanyakan topik yang kami bahas pagi tadi. Semacam pre-test
lah. Ada yang berhasil jawab, ada yang cuma ‘eeh anuuu’, ada yang pasrah lalu
jujur menjawab ‘saya ngga tau,bu.” Gue sendiri lagi hoki bisa jawab. Ngga
tau deh besok, hehe. Ha, beginner’s luck.
Kalau
belajarnya begini, mana tahan? Ditekan terus untuk belajar. Bagus sih niatnya, ibaratnya
tugas guru hanya untuk memenuhi ‘gelas kosong’ karena murid-muridnya sudah ‘mengisi
gelas’ secara mandiri dengan memelajari topik yang akan dibahas sebelumnya
serta menghemat waktu jam pertemuan karena guru-guru di SMA gue terfokus pada performa
kelas 12 yang sebentar lagi menghadapi berbagai ujian yang rentang waktunya
hanya berkisar satu dua minggu.
Oh
ya, sekolah gue terbilang cukup favorit di wilayah gue daaann ada sekolah rival
yang tahun lalu baru aja ngebalap rata-rata nilai UN kimia sekolah gue. Alhasil
kita makin digenjot buat belajar. Berarti sering bakal ada ulangan bahkan
ulangan mendadak. Berarti suasana di sekolah makin bikin stress. Berarti kegiatan
belajar-mengajar bakal ga efektif. Berartiberartiberartiberarti…. Daftarnya
terus berlanjut. Kebencian gue dengan sistem belajar yang dipaksa ini membuat
gue tidak nyaman, resah, dan ingin cepat-cepat lulus. Yang bilang masa-masa SMA
itu paling indah waktu gue kelas 10, coba ulang lagi perkataannya :( ga salah
denger nih gue?
![]() |
Nilai jeblog takes over my li |
Kisah
‘ngesot demi nilai’ ini ga berhenti di pelajaran biologi. Kimia, fisika, dan
matematika pun juga begini keadaanya, terutama di pelajaran fisika yang ujuk-ujuk
dikasih soal ulangan pakai soal OSN. OSN bre, lo ga salah baca. Kelas gue
pernah ulangan fisika selama tiga jam. Mau tau berapa banyak soalnya ampe
dikasih waktu selama itu? Cuma dua. Walaupun sistemnya boleh buka buku dan
menggunakan kalkulator. Apa yang mau dihitung? Ngeliat gambarnya aja udah pusiang
dan kesel duluan. Ngapain sih gue ngitung kecepatan benda jatuh? Orang mah
diselametin barangnya, ini malah dihitung.
Skill
matematika gue jangan ditanya wkwk, walaupun nilai UN
matematika SMP gue 92,5, gue merasa tersesat tiap belajar matematika. Mungkin
karena negara api (baca: sincostan) menyerang. Pernah belajar ngitung luas
lingkaran waktu SD? Agak repot ya sekarang lingkarannya apalagi kalo udah
ketemu garis lain :).
Di
luar pelajaran eksak, temen-temen gue tampak bahagia karena dianggap sebagai ‘istirahat
dari materi berat’.Tapi tidak jarang juga pelajaran di luar eksak bisa
membebani. Semua kembali ke kita, mau memanfaatkan waktu sebaik mungkin atau
tidak. Kalau time management-nya kacau, dijamin kamu bisa sampai jam 2
malam menatap laptop atau kertas mengerjakan tugas. Ada temen gue yang
udah jam 4 pagi baru nge-print
tugas. Gue terheran-heran.
Sedikit
cerita juga di kelas 11, Temen sebangku gue bersama dua teman gue lainnya yang
duduk di samping kiri gue semua berhasil lolos OSN babak seleksi sekolah dan tingkat
kota. Sebagai teman mereka, gue pasti bangga. Senang mereka bisa enjoy dengan
pelajaran saat kita di kelas tertekan. Kepergian mereka berjuang OSN otomatis
membuat gue sadar, dari empat meja, hanya gue yang ngga ikut OSN. Di samping
kebahagiaan gue dengan prestasi temen-temen gue, gue sendiri sedih karena lagi-lagu
gue ga bisa unjuk gigi. OSN dan FLS2N terlewat begitu saja. Pas ditanya apa
rahasianya, mereka dengan simple menjawab: “*Insert pelajaran OSN* emang
seru sih.”
Huh.
Seru.
Tapi
yah namanya berjuang mengejar SNMPTN. Walaupun gue nggak enjoy sama
sekali dengan pelajaran disini. (Ralat: bukan nggak enjoy dengan pelajarannya,
tapi dengan sistem belajarnya!!). Gue tetep harus berjuang untuk survive.
Gue dulu seneng banget sama biologi dan matematika waktu SMP bahkan udah ngulik
sedikit tentang matpel kimia. Dimana rasa bahagia belajar biologi? Kemana rasa
seru saat mencari cara memecahkan soal matematika?
·
Kimia pusing,
·
Matematika pas-pasan,
· Biologi oh biologeee; si hormon
adrenokortikotropik bersama puluhan hormone lainnya yang ngapalinnya aja
ngabisin umur. Harus ya dihapalin?
·
Fisika bisakah kamu jangan bergerak?! Susah
tau ngitungnya.
Marshaaaa
kamu anak IPA bukan sih????
Mengesampingkan
keinginan untuk membuat orang tua bangga dengan jaket almamater impian, gue
harus berjuang buat gue sendiri dulu. Pusingnya sin cos tan yang bekerjasama
membentuk hampir 20 lebih rumus penjumlahan, perkalian, dan sudut paruh harus
ditahan.
“Sudah
terlalu jauh mengeksplor dunia IPA, terlalu lelah untuk mengulang dunia IPS. Dasar
aku.”
★★★
Kembali
lagi ke cerita kelas 12 gue, abis nonton video opening pertumbuhan dan
perkembangan tadi. Gue bengong. Banyak pertanyaan muncul di otak gue.
“Kok
gue asik banget ya sama videonya kayak nonton video receh di YouTube?”
“Eh
kok gue nyambung ya.”
“Kok
gue ketagihan ya?”
I
understand the topic so well it feels illegal. Disinilah
’OHH’ moment gue yang kedua terjadi.Sebelum gue nonton video
Zenius itu, udah sempet belajar di tempat les, Cuma karena lagi-lagi bertemu bermacam-macam
hormone tumbuhan yang ngingetin gue dengan hafalan hormon waktu kelas 11 bikin
gue tambah pusing. Kok di Zenius lancar jaya? Kapan terakhir gue ngerasa
begini? Mungkin kelas 10 SMA; Waktu SMP mungkin. Videonya sebentar, tapi
meninggalkan kesan yang lama. Cara ngajarnya ngena banget. Ilustrasinya juga
lucu-lucu digambar sambil nerangin HAHA. Ditambah trivia seperti agent
orange di Vietnam. Seketika gue kepikiran untuk merefleksikan diri sendiri
dalam belajar. btw, Sa ae nih gambarnya, liat nih:
![]() |
Ya Allah gue pengen nunjukkin gambar rakun(?) atau kucing(?) pokoknya lucu deh WKWK |
![]() |
Kadang bagus parah gambarnya |
“Kenapa ngga dari
kemarin-kemarin aja gue nyambungnya?” Pikir gue sambil kesel sendiri.
Kalo
dilihat dari cerita kelas 11 gue, kalian bisa menebak-nebak masalah dalam diri
gue, dan gua pastikan jawaban lo para pembaca bener:
Gue
kebawa arus. Terbawa suasana kelas yang belajar terpaksa, gue ga enjoy. Semangat
belajar gue alhasil ilang. Tanpa sadar,gue nggak melihat hal positif dalam
keadaan seperti ini. Go find a silver lining in everything. Harusnya dalam
suasana yang bahkan mencekam seperti kelas gue, gue punya headset, gue bisa ‘menutup’
diri gue sejenak dan fokus dengan target gue. Gue harusnya sadar semua orang
punya jalannya masing-masing. Setiap orang punya caranya sendiri dalam menyikapi
sesuatu. Gue berhak ‘melawan arus’ dan mengikuti jalan sendiri.
Atau
lebih spesifiknya, nih gue sebutin masalah gue (dan mungkin pelajar lainnya) saat
belajar yang udah dijabarin oleh Kak Glenn Ardi di Blog Zenius “6 Masalah Utama
Belajar dan Solusinya”. Harusnya gue tulis berdasar opini sendiri sih tapi pas
gue nulis ini jadi keinget Blog Zenius. I totally can relate.
Masalah
Utama dalam belajar:
1.
Penyakit paling klise: MALES!
Jujur aja gua bukan anak yang males. Semua tugas dan ulangan gua usahain
kasih yang terbaik. Gegara suasana belajar yang terpaksa. Belajar jadi terasa
beban (gue bahas abis ini).
2.
Belajar (hanya) untuk mengejar nilai akademis
BENER BANGET! Beda sama belajar kimia karena ‘penasaran’ waktu SMP, di
SMA gua belajar demi nilai bagus dan lulus KKM. Kalo ada tugas yang ngga
diambil nilainya, yaudah lewat.
3.
Menghakimi diri sendiri “Gue kan emang bukan anak pinter”
Ga semanagat belajar memberi gue batunya berupa nilai anjlok wkwk. Gue
yang bego atau soalnya terlalu susah? Tentu nilai jelek memberi kesan
kepada orang-orang ‘liat nih! Tu bocah kagak ngerti materinya’ dan kalo dengerin
opini orang-orang terus bisa-bisa gue makin ga semangat berjuang.
4.
Benci sama mata pelajaran tertentu
Pagi-pagi udah pada diskusi biologi yang pelajaran terakhir. Lama-kelamaan
gue sempet benci ama pelajaran satu ini. (etapi sih sekarang udah baikan, masuk
jurusan yang berbau biologi malah hehe).
5.
Cara belajar yang salah (Belajar = sibuk hafalin rumus, tahun,
istilah, nama orang, dsb)
Gue tuh sering denger kalimat-kalimat ‘ngga usah diapalin, cukup dimengerti
aja maknanya.’ Yaa kalo materi PPKN yang harus bener pasalnya gimana? Kan kita
ga bisa ngarang pasal.
6.
Semangat belajar yang nggak konsisten
Akhirnya semua keluhan gue ditambah sifat moody gue. A perfect
disaster.
7.
(Nambah Sendiri :p) Terbawa Arus yang Negatif
Wahai murid-murid SMP atau SMA yang baca ini, tolong, kalua kalian
melihat suasana kelas yang keruh karena tekanan sana-sini kayak gue dan membuat
lo males berjuang, nih gue kasih saran: Jangan sampe kalian kebawa arus males.
Jangan sampe!!!!
Walaupun kalian bosen ama lingkungan sekolah yang beginilah adanya,
sekolah itu adalah big highlight dalam hidup lo. Terjadinya Cuma sekali,
kangennya bakal berkali-kali.
![]() |
Melakukan kesalahan itu baik, tapi lebih baik belajar dari kesalahan orang lain. |
Astaghfirullah, banyak banget dah
kesalahan belajar gue! Belajar gue selama ini hanya dianggap sebagai beban ‘datang-kerjakan-lupakan’.
Harusnya dalam kondisi apapun, kitalah penentu kebahagiaan kita sendiri. Kitalah
pencipta kebahagiaan diri.
Gue sebagai anak yang baru naik kelas
12 makin tersadar gue itu banyak kurangnya. Banyak yang harus dikejar demi
mimpi dapet kampus impian. Dengan pertimbangan orang tua, gue udah dikasih tau
bahwa gue gab oleh kuliah jauh jauh, dibatasi dalam daerah Jabodetabek.. anak
rantau nanggung.
Kesadaran gue akan krusialnya kelas
12 terus membuat gue terus mengulik Blog Zenius karena kepanikkan gue takut
mengulang kejadian kelas 11. Ngulik dah tuh gue semaleman di blog Zenius, biar cara
belajar gue ga ngawur, biar gue bisa nemuin wawasan dari sudut pandang baru,
biar gue tembus PTN. Hasil eksplor Blog ini ga sia-sia, banyak banget ilmu baru
yang gue dapet. Untuk strategi SBMPTN 2018 gue pake trik dari zenius
(lengkapnya di sini), yaitu task oriented, bukan time oriented.
Maksudnya kalo gue belajar, harus dituntasin sampe tujuan kita. Bukan membagi-bagi
waktu selesai-tidak-selesai-harus-mengganti pelajaran.
Contoh belajar dengan metode task
oriented.
Another trick, ganti sistem kalender lo dengan sistem
countdown. Misalnya SBMPTN 2019 akan diadakan sekitar Mei 2019. Kalau
hanya ditulis ‘Mei 2019’, kita bakal jadi orang santuy karena merasa masih lama
waktunya, kalua kalian ganti dengan W-30 (30 minggu lagi), Nah, di sini
akan terasa cepatnya waktu.
Jangan lupa tutup kegiatan ngambis
lo dengan try out tiap akhir
bulan atau akhir minggu, biar makin mantul jawab soalnya.
Tunggu dulu. Loh kok? Gue antusias
amat jelasinnya? Apakah api semangat dalam diri gue kembali? Badan gue mulai terasa kayak
gue masih SMP dimana gue belajar bukan karena nilai,tapi karena ingin tahu.
This year’s SBMPTN will be
interesting indeed.
★★★
Akhir Agustus 2018, waktunya
melakukan kegiatan bulanan yaitu try out. Ajang yang gue program secara
mandiri sebagai tolak ukur sejauh mana pemahaman yang gue raih selama dua bulan
belajar. Gue kasih tau, jujur buat belajar SBMPTN itu gue masih curi-curi waktu
karena gue masih ngambis buat semester lima yang berarti pelajaran lain di luar
peminatan masih harus dikejar. Ada jam kosong sedikit, langsung buka zenius
mulai nyatet-nyatet, Duduk-duduk nungguin temen sambil nonton video Zenius,
gabut-gabut baca-baca seputar PTN. Gue berniat me-review semua materi
yang gue kurang paham sebelumnya di kelas 10 atau 11. Bisa lah sedikit-sedikit.
Gue harus bertahan dengan kegiatan
kelas 12 yang dari jam setengah 7 sampe jam tiga sore, dilanjut dengan kelas
tambahan sampe jam 8 malem, sampe rumah baru bisa ber-zenius-ria atau nugas, kalau
boleh milih ya mending nonton zenius, lebih seru. dan gue baru bisa
nikmatin empuknya kasur sekitar jam Jadi
semester lima gue kejar, SBMPTN pula gue kejar. Demi PTN impian. Gue punya target.
21 Agustus kalau tidak salah, gue
melakukan try out perdana, temen-temen les gue terlihat siap tempur
dengan soal. Gue langsung pesimis. Ngeliat soal UN aja masih muter-muter
ngerjainnya, lah ini sudah level SBMPTN ~_~. Selama ngerjain soal, ada beberapa
poin penting yang gue pelajari:
1.
Ini bukan tentang seberapa lama waktu yang diberikan untuk menjawab soal,
namun seberapa pintar kita dalam memanfaatkan waktu.
2.
Jangan terlalu fokus dengan satu soal, waktu terus berjalan
3.
SBMPTN dengan soal yang banyak memang sengaja dibuat agar tidak bisa
diisi semua. Jangan dipaksa
Selesai try out, agak merinding liat
soalnya. Ternyata gue belum siap bahkan kesiapan gue belum mencapai 50%. Padahal
SBMPTN udah tinggal 9 bulan lagi. Waktu ngisi jawaban juga gue nggak terlalu
pede sehingga gue ga yakin bakal tembus 30%. Bener aja, nilai try out pertama
gue Cuma 28%. Target gue yaitu arsitektur UI yang passing grade-nya sekitar
36%. Gue harus belajar lebih keras dengan strategi baru untuk meningkatkan
nilai try out gue.
★★★
SKIIIP kita ke Bulan Desember 2018
dimana gue udah menjadi pemakai Zenius selama kurang lebih lima bulan. Selama
lima bulan itu pula, berbagai materi gue lewatin, khususnya pelajaran kelas 12
dan sedikit memulihkan ingatan tentang pelajaran kelas 10 dan 11. Alhamdulillah
gue dapet peringkat 6 dari 36 siswa di kelas, beberapa nilai gue mengalami peningkatan
khususnya di bidang biologi. Waktu semester empat nilai biologi gue Cuma 83. Ada
banyak faktor nilai biologi gue naik, salah satunya minat gue yang sedikit-sedikit
mulai kembali.
Hal lain yang gue sangat terbantu
dari Zenius adalah gue bisa memertahankan nilai 90 yang udah gue sabet dari
semester empat. Thanks to ilmu kotaknya Bang Sabda. Dari Bang Sabda gue
belajar nggak semua harus dikerjakan dengan satu cara. Banyak cara yang bisa digunakan
dengan penalaran sederhana. Misalnya ilmu kotak yang satu ini. Apaan tuh
ilmu kotak? Jadi daripada pusing-pusing ngerjain soal matematika yang
kadang belibet angkanya, kita bisa menyederhanakan persamaan yang ribet tadi
dengan hanya satu variabel.
Walaupun nilai biologi gue naik, gue
belum sepenuhnya maafin biologi yang udah bikin kepala gue pusing tujuh
keliling. Untuk Ujian Nasional, gue tetep memilikih program studi kimia. Fisika
menurut gue terlalu banyak ngitung sedangkan biologi terlalu banyak menghapal.
Kimia keliatan seperti gabungan antara keduanya, porsi menghitung dan teorinya
pas. InsyaAllah ngga bakal pusing.
Bagaimana kabar nilai-nilai yang
lain? Ngga semua gue bisa jelasin di blog ini 😊. Long story short, nilai gue
meningkat.
Menjelang liburan akhir semester lima
(kayak seminggu sebelum liburan?), gue mulai eksplor website zenius secara
menyeluruh karena masa-masa mencuri waktu untuk belajar SBMPTN akhirnya
selesai. Di semester enam nanti hanya aka nada ujian bertubi-tubi dari try
out sekolah, ujian praktek, USBN, UNBK, dan si final boss, yaitu UTBK
yang baru aja diumumin bulan Oktober dengan segala sistem yang baru.
Okelah, sistem UTBK ganti? Siapa takut.
Gue ngga termasuk orang yang panik saat diumumkan terjadi perubahan sistem UTBK
karena:
1.
Gue tetep akan berjuang
2.
Kayaknya hanya berganti nama ya???
3.
Soalnya bakal tetep susah -_-
Kolom ini dikhususkan untuk kalian yang mau belajar mtk secara cepet to
the point. Ya, tapi dasar aku gue lebih seneng belajar semuanya secara
menyeluruh jadi kolom yang biasanya gue pake belajar adalah kolom ‘SMA’. Penasaran
nih gue dengan apa yang ada di kolom SBMPTN.
Satu hal yang sangat eye-catching
karena berada di paling atas monitor adalah materi ‘Starting Mathematics’. Gue
inget gue belajar bab ini pas sesi foto-foto untuk buku tahunan. Sekali lagi, the
power of curi-curi waktu. Yang ngajar biasalah Bang Sabda. Dia ngajar
konsep yang sangat sederhana -sering disepelekan-, yaitu konsep tanda sama
dengan (=). Dia memulai materi SBMPTN matematika dengan tiga postulat ala dia
sendiri. Emang Einstein doang yang boleh punya postulat?” Begitu kata
Bang Sabda.
Begini Postulatnya Bang Sabda:
1.
Concept of Identity. 5+8 ya sama dengan 8+5
2.
Preservation of Equality, Jika kotak = segitiga. Maka f(kotak) =
f(segitiga).
3. Principle of connectivity. Kalau kotak = segitiga, maka segitiga bisa
diganti dengan kotak.
“MOOD APA INI?! TETIBA GUE PENGEN NONTON
SEMUA VIDEO DI KOLOM SBMPTN.”
Di sela-sela belajar matematika,
gue selingi dengan belajar biologi kelas 10 yang sempat gue tinggalin karena
gue ga ngerti sama sekali dengan materinya. Waktu itu tahun 2016, sekudet
itukah gue sampe gue ga tau zenius itu sekeren ini? Kalo gue balik lagi ke masa
SMA, gue bakal gedor-gedor kamar pintu gue dan gue bakal suruh diri gue yang
dulu untuk belajar pake Zenius. Kasian gue ngeliat diri sendiri ‘ngesot’ demi ada
niat sedikit belajar. Coba banyak guru yang ngajarnya seseru ini.
Mengulang kembali
biologi, gue mulai dengan materi ‘Ruang Lingkup Biologi”. Dimulai dengan
pertanyaan “what is biology?” .Biologi adalah kajian tentang kehidupan,
dan organisme hidup, termasuk struktur, fungsi, pertumbuhan, evolusi,
persebaran, dan taksonominya. (kata Wikipedia hehe). Di Zenius, gue
dikasih tau beberapa trivia, salah satunya adalah pentingnya biologi.
Kalau Fisika itu ilmu yang mempelajari benda
mati,
Kimia itu mempelajari interaksi benda
mati,
Biokimia mempelajari batas hidup/mati.
Biologi barulah ilmu yang mempelajari
makhluk hidup.
Di video kedua, “Limit of Science”, gue
belajar hal baru lagi, yaitu jaman aufklarung atau Age of Enlightment, waktu
dimana manusia mulai berpikir bebas di luar takhayul yang terjadi di Jerman, Perancis,
Inggris, dan Amerika.
Di
bab selanjutnya, kita belajar keanekaragaman hayati dan klasifikasi makhluk
hidup, Lagi-lagi ilmu gue nambah dengan sistem klasifikasi ternyata ada dua,
yaitu fenetik (secara morfologi), dan sistem filogenik (secara genetik).
Klasifikasi itu materi sulit ngga sih? Ternyata ngga kalau dibuat pohonnya. Nih
liat:
Keseruan
belajar di Zenius terus berlanjut sampai di puncaknya di materi plantae,
animalia, dan ekologi. EEEH MATERI KELAS 10 ABIS?! Gue masih mau berbiologi ria!!
Masih mau belajar kenapa penyakit yang aneh-aneh dihasilin ama virus yang
menyerang RNA, masih penasaran dengan tantangan tanaman prasejarah bermigrasi
ke daratan, masih mau berpetualang dengan materi Zenius dengan lalat buah a.k.a
Drosophila melanogaster (lalat buah!), de el el…. Ga terasa banget cuyy karena
gue merasa semangat tiap ada materi baru. Materi baru, insight baru!!
★★★
Fitur terakhir di
Zenius yang paling underrated dari semuanya adalah… Kolom ‘Zenius Learning’
itu sendiri. Menurut gue, semua orang yang baru beli Zenius wajib-kudu-harus nonton
ini. Karena sebelum kita memulai belajar, kita harus juga tau cara belajar yang
bener. Learning how to Learn. Isinya video tips belajar yang
efektif, cara manajemen waktu, dan membangun motivasi belajar, masalah-masalah
umum dalam belajar juga dibahas disini. Sayangnya gue baru sempet baca sedikit
dari Zenius Learning karena keasikan belajar buat materi SBMPTN :’). Banyak
kakak-kakak yang bilang kalau Zenius Learning itu sangat berguna sampai di bangku
perkuliahan. Hmm, sebagai maba dan masa penggunaan Zenius gue baru abis, gue ada
rencana mau beli sebulan Cuma buat nonton satu bab itu.
Mungkin
sampai situ saja perjalanan gue yang dulu cinta belajar karena kepo ini-itu,
sempet benci belajar karena suasana yang menekan, sampai di kelas 12 kecintaan
belajar itu kembali lagi.
Maaf banget kalo yang gue singgung itu lebih
banyak menyinggung di bidang biologi karena dengan #ZeniusForTheLoveOfLearning,
gue pengen banget ngangkat kembalinya cinta gue pada biologi yang gue sangat
benci dari semua pelajaran. Bahkan sekarang gue baru aja keterima di FKH IPB
lewat jalur SBMPTN. Pindah galur dari sebelumnya ingin ke jurusan teknik. Sebagai tanda terima kasih gue pada Zenius, mungkin hanya tulisan
ini yang bisa gue persembahkan untuk kakak-kakak yang udah ngajar gue pada jam
10 malem, 12 malem, bahkan jam 4 pagi. Terima kasih sudah menjadi teman yang
menemani sang tokoh utama dalam perjalanannya untuk melawan sang final boss.
Bonus: Foto-foto catatan gue selama belajar pake Zenius
![]() |
Materi Virus |
![]() |
protistahhh |
![]() |
Materi paling seru nih, plantae :) |
![]() |
Biokimia, santuy la |
![]() |
Materi genetik! |
![]() |
Grafik fungsi |
![]() |
Physics 101 |
![]() |
My study refs, monggo :) |
![]() |
Jangan lupa latihan soal!! |
![]() |
Gol 8 |
![]() |
Finalnya.. taraaa!! terbentuklah tiga binder. dari kiri ke kanan: catatan kimia, Catatan mtk dan biologi, dan catatan fisika. |